Modifikasi Kamera Hp Menjadi Tembus Pandang


Modifikasi Kamera Hp Menjadi Tembus Pandang

by Hendri on 06:01 AM, 05-Mar-12

Category: tips & trik

kamera-tembus-pandang.jpgM ungkin bagi anda yang belum tauw apa itu kamera “X-RAY”, Berikut ini saya akan menjelaskan dan memberi contoh untuk membuat kamera “X-RAY”. KAMERA X-RAY merupakan kamera yang kemampuannya mampu menembus pakaian berbahan polyester, kamera X-RAY bikinan anda bias dimanfaatkan untuk menanggulangi kejahatan. Misalnya untuk mengetahui apakah dibalik pakaian seseorang tersembunyi senjata tajam atau bahkan senjata api. Kali ini, saya beberkan cara alternatif pembuatan kamera X-RAY yang lebih sederhana. Hanya dibutuhkan kreatifitas dan kesabaran, namun relatif lebih muda untuk diikuti. Untuk modifikasi kali ini saya menggunakan nokia 3650. CARA KERJA KAMERA PONSEL: Cara kerja lensa kamera ponsel pada dasarnya sama seperti lensa kamera lain. Bila kamera biasa atau digital memiliki diafragma, maka ponsel pun memilikinya. Diafragma (f-nu,ber) berfungsi menyaring cahaya yang masuk ke sensor. semakin kecil angka diafragma, semakin banyak cahaya yang diloloskan. Bedanya, lensa kamera pada ponsel umumnya hanya memiliki ukuran diafragma tunggal yaitu 2,8 mm. Kemudian ada focal length yang menunjukkan jarak antar lensa dengan permukaan sensor. Semakin panjang jarak maka semakin jauh obyak yang mampu ditangkap lensa. Kamera ponsel masih menggunakan focal length tunggal.kamera ponsel ini juga masih menggunakan lensa yang statis. Biasanya berupa lensa lebar yang memiliki focus untuk jarak terdekat dengan jangkauan sampai jarak tidak terhingga PRINSIP KERJA: Inti dari modifikasi kali ini terletak pada sensor berupa lapisan kaca yang berada dibelakang focus kamera. Ketika sensor dilepas, maka hasil dari tangkapan cahaya yang masuk tidak diterima dalam kumpulan warna RGB (red green blue). Hasilnya, benda dengan susunan warna lebih pekat yang diletakkan di belakang benda lain yang tidak terlalu pekat akan tertangkap oleh lensa kamera. BAHAN DAN ALAT:
 1. Pisau tajam/cutter
2. Obeng minus
3. Obeng bintang L5
4. Lem epoxy (epoxy adhesives0

LANGKAH PENGERJAAN:
1. Buka penutup baterai yang berada di belakang casing dan baterai.
2. Buka casing depan ponsel
3. Buka mur yang menempel pada bodi
4. Angkat mesin dari housing/ tulang
5. Lepas bagian LCD dan board
6. Lepas pembungkus kamera menggunakan obeng dengan menggeser perlahan kea rah atas.
7. Lepaskan kamera dengan mencongkel disisi kanan kamera. Bila kesulitan ketika akan mengangkat kamera, lepaskan juga selubung kiri dan kanan.
8. Buka lensa statis dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam
9. Potong antara tempat lensa statis dari sensor yang berada dibawahnya (di sini belum terlihat) menggunakan cutter dengan perlahan dan hati-hati. Jangan sampai kaca sensor retak atau pecah ketika terlepas.
10. Iris sisi kiri kanan sensr agar lebih mudah ketika mencongkel sensor. Perlu diketahui bahwa kegagalan kebanyakan terjadi pada langkah ini. Debu sekecil apapun yang masuk ke lensa dalam akan merusak hasil tampilan ketika kamera digunakan. Sebaiknya sensor menghadap ke lantai agar hasil irisan atau kotoran jatuhnya ke lantai, bikan ke lensa dalam. Bila cutter atau pecahan kaca sensor menempel ke lensa dalam, dipastikan kamera tidak dapat digunakan.
11. Bila ada kotoran yang menempel. Anda cukup membaliknya. Jangan berupaya untuk mengusap bagian dalam sensor karena akan memperparah kerusakan lensa dalam.
12. Sambung kembali kedua bagian menggunakan lem epoxy. Jangan sampai berlebihan! Sebaliknya, sapulah dengan jari setelah mengoleskan lem agar tidak terjadi penggumpalan berlebihan yang bias amengakibatkan kamera tidak dapat masuk pada wadahnya.
13. Dalam pemasangan kembali perhatikan sisi yang menonjol. Bila bagian bawah kamera terpasang terbalik maka ketika dipasangkan kembali kamera ponsel tidak akan dapat digunakan. “HARDWARE FAILURE : RESTART KAMERA”
14. Pasang kembali kamera ke board mesin mengikuti langkah sebelumnya.
Berdasarkan pengalaman, untuk pemula pasti harus ada kamera yang menjadi korban. Jadi sebaiknya anda mempersiapkan beberapa kamerauntuk dijadikan bahan latihan.
Tidak ada efek samping kecuali anda kehilangan uang untuk membeli kamera baru. Harga kamera nokia 3650 yang saya gunakan dalam percobaan ini dibeli dengan harga kurang lebih sekitar Rp. 15 ribu per buah. Tidak terlalu mahal untuk sebuah uji coba dan kepuasan pribadi. Nah, sekarang kamera ponsel anda sudah seperti kamera X- RAY.
Bila bosan dengan kamera X-RAY anda bisa mengganti kamera tersebut dengan kamera yang asli tanpa merusak ponsel.

sumber : Hendri